PERANGKAT
PEMBELAJARAN
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaraan : IPA
Satuan Pendidikan : Sekolah
Dasar
Kelas/Semester : 1/1
Tema : Lingkungan
Hari/Tanggal : Senin,
31 Oktober 2016
Nama Praktikan : Janti
Lestari
NPM : 14541149
Sekolah : SD
Negeri Banyuanyar 1 Surakarta
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SD Negeri Banyuanyar 1 Surakarta
Mata
Pelajaran : IPA
Tema : Lingkungan
Materi : Perawatan dan pemeliharaan lingkungan disekitar rumah dan sekolah.
Kelas/Semester : 1/1
Hari/Tanggal : Senin,
31 Oktober 2016
Alokasi
Waktu : 2
x 35 Menit
I.
Standar
Kompetensi
2.
Mengenal
cara memelihara lingkungan agar tetap sehat.
II.
Kompetensi
Dasar
2.2 Membedakan
lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat.
III.
Indikator
1. Mengemukakan
ciri-ciri lingkungan yang sehat dan ciri-ciri lingkungan yang tidak sehat.
2. Menjelaskan
bahwa air kotor, tumpukkan sampah, asap kendaraan merupakan kondisi lingkungan
kurang baik bagi kesehatan
3. Membiasakan
membuang sampah pada tempatnya.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
mampu menyebutkan ciri-ciri lingkungan yang sehat dan ciri-ciri lingkungan
tidak sehat.
2. Siswa
mampu menjelaskan bahwa air kotor, tumpukkan sampah, asap kendaraan merupakan
kondisi lingkungan yang kurang baik bagi kesehatan.
V.
Materi
Perawatan
dan pemeliharaan lingkungan disekitar rumah dan sekolah.
Lingkungan tempat kita tinggal perlu
dijaga kebersihannya. Lingkungan adalah daerah yang ada di sekitar kita.
Lingkungan sekitar haruslah kita pelihara. Kelestarian lingkungan menjadi
tanggung jawab bersama. Hubungan kerja sama dapat diwujudkan dalam melestarikan
budaya hidup sehat. Lingkungan sehat membantu kita untuk terhindar dari
penyakit. Bagaimanakah cara mewujudkan hidup sehat?
Kebersihan rumah dan sekolah perlu
dijaga. Rumah adalah tempat tinggal kita. Sekolah adalah tempat kita belajar
bersama kawan-kawan dan guru. Rumah dan sekolah yang bersih membuat kita nyaman
dan sehat.
1. Cara Menjaga Kebersihan Rumah
Kebersihan rumah perlu dijaga untuk
menciptakan lingkungan sehat. Rumah sehat bukan berarti rumah mewah dan besar.
Rumah yang sederhana dan kecil pun dapat dikatakan sehat. Asalkan rumah
tersebut terawat dan terjaga kesehatannya. Rumah sehat memiliki syarat-syarat
tertentu yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah syarat-syarat tersebut:
a. Terdapat
ventilasi rumah yang cukup untuk keluar masuk udara.
b. Memiliki
sumber air yang bersih.
c. Memiliki
kamar mandi dan toilet yang bersih.
d. Terdapat
bak sampah untuk membuang sampah.
e. Terdapat
aliran ke selokan untuk membuang air kotor.
f. Sinar
matahari cukup.
g. Terdapat
tanaman hijau.
Rumah yang sehat selalu dijaga
kebersihannya. Membersihkan rumah merupakan kewajiban seluruh anggota keluarga.
Alat-alat yang biasa digunakan untuk membersihkan rumah adalah sapu, kemoceng,
sikat, dan kain lap. Membersihkan rumah akan lebih baik jika dilakukan rutin. Cara-cara
membersihkan rumah adalah sebagai berikut :
a.
Membersihkan lantai menggunakan sapu dan
kain pel. Lantai akan lebih nyaman jika dibersihkan minimal dua kali sehari.
b.
Kaca jendela dibersihkan dengan
semprotan pembersih kaca dan kain bersih. Kain yang dipakai sebaiknya berbahan
lembut dan menyerap air pembersih.
c.
Membersihkan langit-langit rumah dengan
sapu panjang.
d.
Membersihkan meja dan kursi dengan kain
agak basah.
e.
Membersihkan kamar mandi secara teratur.
Bahan-bahan pembersih dibutuhkan dalam
merawat dan membersihkan rumah. Meskipun demikian, kita harus berhati-hati
dalam memilihnya. Gunakan bahan-bahan yang aman bagi kesehatan. Bahan-bahan
pembersih merupakan bahan tambahan kebersihan. Penggunaannya sebaiknya sesuai
petunjuk dan aturan pemakaian.
2.
Cara Menjaga Kebersihan Sekolah
Sekolah adalah tempat kalian menimba ilmu. Di
sekolah kalian belajar bersama kawan dan guru. Sekolah yang bersih membuat kita
nyaman dalam belajar. Belajar akan lebih menyenangkan jika ditunjang dengan
lingkungan sehat. Budaya hidup sehat perlu diterapkan di sekolah. Kalian harus
bekerja sama dalam mewujudkan lingkungan yang bersih.
Pembentukan regu piket perlu dilakukan. Hal tersebut
untuk melatih siswa dalam menjaga kebersihan sekolah. Pembentukan regu piket
membantu siswa lebih bertanggung jawab. Mereka mendapat tugas membersihkan
lingkungan secara bergiliran. Upaya membersihkan kelas dapat dilakukan sebagai
berikut.
a. Menyapu
ruang kelas setiap hari.
b.
Membersihkan meja guru dan meja kelas.
c. Membersihkan papan tulis sekolah.
d. Membuang
sampah pada tempatnya.
e. Menjaga
kebersihan lingkungan sekitar kelas.
Menjaga kebersihan kelas merupakan tanggung jawab
warga sekolah. Pola dan gaya hidup sehat ini sangat bermanfaat. Gaya hidup
sehat dapat membentuk sikap cinta kebersihan. Kebersihan merupakan pangkal
kesehatan. Lingkungan yang sehat menjauhkan kita dari penyakit.
VI.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Karakter yang diharapkan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
memberikan salam pembuka.
2. Guru
bersama siswa berdoa sebelum memmulai pembelajaran
3. Mengabsen
siswa.
4. Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
5. Menyinggung
sedikit materi yang akan di pelajari.
|
Ø Disiplin
Ø Religius
Ø Saling
menghargai
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Ø Eksplorasi
1. Guru
menanyakan kepada siswa ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak
sehat.
2. Guru
menunjukkan contoh gambar tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak
sehat.
3. Guru
menunjuk siswa untuk memberi contoh lingkungan sehat dan lingkungan tidah
sehat dari contoh gambar yang dibawa oleh guru.
|
Ø Rasa
ingin tahu
Ø Berani
Ø Peduli
|
50
menit
|
Ø Elaborasi
4. Guru
memberi LKS (Lembar Kerja Siswa).
5. Siswa
mengerjakan tugas latihan soal yang diberikan oleh guru secara individu.
6. Guru
menunjuk salah satu siswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya didepan
kelas.
|
Ø Mandiri
Ø Percaya
diri
Ø Tanggung
jawab
|
||
Ø Konfirmasi
7. Guru
bertanya kepada siswa tentang hal-hal yang belum di pahami atau di ketahui.
8. Guru
membenarkan kesalahan yang masih di temukan.
9. Memberikan
apresiasi kepada siswa yang mengerjakan tugas atau menjawab pertanyaan dari
guru dengan benar.
|
Ø Rasa
ingin tahu
|
||
penutup
|
1. Guru
bersama siswa menyimpulkan pembelajaran yang telah dipelajari.
2. Memberikan
tugas/ soal evaluasi
3. Salam
penutup.
|
Ø Rasa
ingin tahu
|
10
menit
|
VII.
Metode
dan Sumber Belajar
Metode : Demonstrasi,
ceramah, tanya jawab, penugasan.
Sumber
Belajar : IPA untuk SD/MI semester 1.
Internet.
VIII.
Media
Pembelajaran
Media : Contoh
gambar lingkungan sehat dan tidak sehat.
Video
PPT dan LCD.
IX.
Penilaian
1. Penilaian
tertulis :
-
Bentuk : Isian
-
Kriterian
o
Latihan Soal (individu)
§ Nilai
benar x 2 = Nilai Akhir
-
Soal (Terlampir)
-
Kunci jawaban (Terlampir)
Surakarta,
31 Oktober 2016
Mengetahui,
Guru kelas 1 Praktikan
Aryani
Istiati E.P Janti
Lestari
NIP.
19620929 198201 2 004 NPM.
14541149
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
SD
Negeri Banyuanyar 1
Drs.
F. Yoseph Samidi, M.Pd
NIP.
19610525 198203 1 013
Casinos Near Me - MapyRO
BalasHapusCasinos Near Me · 충청북도 출장샵 Grand Ivy Casino 제주 출장안마 Hotel 여수 출장안마 · Hollywood Casino and the LINQ Promenade · Grand Victoria Casino & Hotel · Harrah's Resort Casino & 대구광역 출장샵 Spa. 서귀포 출장샵